Search

Mendag Menjadi Narasumber Sapa Indonesia Malam Kompas TV

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menjadi narasumber pada acara Sapa Indonesia Malam di Kompas TV secara virtual, Sabtu (18 Maret). Acara ini membahas isu pelarangan impor pakaian bekas.

Mendag menyatakan, langkah Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan aparat penegak hukum dari kementerian/lembaga lainnya yaitu meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap impor pakaian bekas. Hal ini dibuktikan dengan diamankan dan dimusnakannya 730 bal pakaian, sepatu, dan tas bekas impor yang masuk secara ilegal di daerah Riau pada 17 Maret 2023.

Mendag juga menjelaskan, regulasi terkait larangan impor pakaian bekas sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 tentang Larangan Impor Pakaian Bekas.

Peraturan ini diterbitkan dengan pertimbangan untuk melindungi kepentingan konsumen karena berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Sejak diberlakukannya peraturan ini, pakaian bekas dilarang untuk diimpor ke dalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dan bila didapati beredar, wajib dimusnakan.

.