Search

Mendag Menjadi Narasumber Dalam Gelar Wicara Hari Konsumen Nasional 2021

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi bersama Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Rizal E Halim; Anggota DPR RI, Arzetti Bilbina serta figur publik dan istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi narasumber dalam Gelar Wicara Hari Konsumen Nasional 2021 dengan tema “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju” yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (20 April).

Dalam paparannya, Mendag mengajak konsumen Indonesia lebih berdaya dan memperjuangkan hak-haknya. Hal ini untuk mendorong kepercayaan konsumen sehingga dapat menggerakan dan membantu pemulihan ekonomi bangsa.

Mendag menambahkan bahwa Kemendag sebagai salah satu pembina konsumen Indonesia, berkomitmen melindungi konsumen, baik saat belanja secara daring maupun luring. Di era perdagangan digital, konsumen harus lebih cerdas agar tidak dirugikan.

Sementara Kepala BPKN menyampaikan, Pemerintah harus meningkatkan pemahaman akan hak-hak konsumen. Untuk itu, diperlukan koordinasi kebijakan antarinstansi dalam perlindungan konsumen. Selain itu, konsumen harus pandai memilih informasi, khususnya informasi digital, serta tidak mudah percaya pada iming-iming yang tidak rasional.

Arumi menambahkan, setiap orang memiliki pengalaman sebagai konsumen. Undang-undang perlindungan konsumen menjadi titik temu antara penjual dan pembeli terkait soal harga, kualitas barang, ataupun sertifikasi.

Konsumen Indonesia harus menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya. Apabila dirugikan, konsumen dapat menuntut hak-haknya dan menyampaikan pengaduan, di antaranya melalui datang langsung ke kantor Kemendag atau kantor Dinas Perdagangan di seluruh Indonesia, melalui email pengaduan.konsumen@kemendag.go.id, kirim Whatsapp ke nomor 0853 1111 1010, atau situs Website: http://simpktn.kemendag.go.id.