Menteri Perdagangan, Budi Santoso menghadiri Ramadan Nostalgic by Scarf Media di Mall Ratu Plaza, Jakarta, Jumat (14 Mar).
Ramadan Nostalgic merupakan kegiatan tahunan Scarf Media yang dilaksanakan pada 13–16 Maret 2025 dan 20–23 Maret 2025 yang menghadirkan lebih dari 50 jenama lokal, antara lain fesyen muslim, produk perawatan kulit, serta aksesori.
Mendag menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan akan terus memberikan dukungan dalam peningkatan pemasaran produk fesyen UMKM Indonesia untuk pasar dalam negeri maupun peningkatan akses pasar global.
Beberapa program Kementerian Perdagangan yang mendukung pemasaran produk fesyen baik untuk dalam negeri maupun pasar ekspor, antara lain program kemitraan dengan ritel modern, department store, dan lokapasar; Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas); Bangga Buatan Indonesia (BBI); sosialisasi kecintaan produk dalam negeri; serta kolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel.
Sementara, program perluasan akses pasar luar negeri dilakukan melalui kegiatan pitching, business matching, serta berbagai promosi dagang, baik dalam maupun luar negeri. Jakarta Muslim Fashion Week merupakan salah satu platform untuk mempromosikan sekaligus sebagai ikon kolaborasi para pemangku kepentingan untuk memajukan sektor modest fashion.
Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Fajarini Puntodewi; Direktur Pemasaran Produk Dalam Negeri, Dewi Rokhayati; Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Rifan Ardianto; serta Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Ari Satria.