Search

Mendag Membuka Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival di Bali

  Dengarkan Berita Ini


Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan membuka Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival yang berlangsung di Pantai Jerman, Bali, Jumat (23 Juni).

Menurut Mendag, misi Bhinneka Pantai Jerman Culture Festival selaras dengan komitmen Kemendag yang selama ini mendorong UMKM mempromosikan produknya secara luas.

Mendag menambahkan, saat ini, ada 4 pilar utama yang dijalankan Kemendag yaitu UMKM yang terbuka terhadap perubahan, inovatif, dan punya kemauan berkembang; lokapasar yang bersinergi dengan UMKM, ritel modern yang berperan memberikan akses kemitraan bagi UMKM serta lembaga pembiayaan atau perbankan untuk UMKM.

UMKM memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian Indonesia. Dengan jumlah mencapai 65,46 juta, UMKM tercatat mampu menyerap 97% tenaga kerja, menyumbang 60,3% terhadap pendapatan nasional, serta berkontribusi 15,6% terhadap ekspor nonmigas nasional.

Kemendag memberikan kemudahaan akses pasar bagi UMKM untuk memasarkan produk di pasar internasional melalui 46 kantor perwakilan perdagangan di luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag juga melepas tukik (anak penyu) ke laut sebagai bentuk dukungan terhadap kelestarian populasi penyu.