Search

Kemendag Resmikan Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi meresmikan Indonesia Halal Vending Machine di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang, pada Senin (12 Juni).

Dirjen Didi berharap, keberadaan mesin penjual otomatis/vending machine produk halal ini menjadi salah satu pendorong upaya promosi dan penjenamaan (branding) Indonesia sebagai pusat halal dunia pada tahun 2024.

Pemanfaatan vending machine untuk memasarkan produk makanan ringan dan minuman halal Indonesia di Jepang ini telah mendapatkan apresiasi dari Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin karena dinilai sebagai langkah inovatif dan efektif mempromosikan produk halal untuk mendorong ekspor.

Indonesia Halal Vending Machine merupakan hasil kerja sama antara KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), Garuda Indonesia, Pertamina, serta ASEAN Japan Centre.

Turut hadir pada acara ini Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, John Tjahjanto Boestami; Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Hilman Tisnawan; General Manager Bank BNI Tokyo, Yudhi Zufrial; CEO Regional Garuda Indonesia Tokyo, Sony Syahlan; Kepala Pertamina Tokyo, Fuadi Arif Nasution; Sekretaris Ditjen PEN, Ganef Judawati; dan perwakilan ASEAN Japan Centre di Tokyo.

Di sela-sela peresmian, Dirjen Didi juga berkesempatan melakukan dialog dengan Sphere Studio dan Republika untuk mempromosikan penggunaan Indonesia Halal Vending Machine.