Kementerian Perdagangan kembali menghadirkan Paviliun Indonesia pada Pameran SIRHA Budapest di Hungexpo Budapest Congress & Exhibition Center, Budapest, Hungaria, pada 5–7 Maret 2024.
Partisipasi Paviliun Indonesia dalam SIRHA Budapest tahun ini bertujuan untuk makin memperkuat diplomasi Indonesia melalui makanan atau gastrodiplomasi dengan memperkenalkan produk-produk di sektor hotel, restoran, dan kafe (horeka).
Paviliun Indonesia menghadirkan sembilan perusahaan yang dipamerkan, antara lain produk kakao, turunan kelapa sawit, mentega putih (shortening), rempah dan herbal, makanan ringan, produk kelapa, gula kelapa, kopi, serta jasa tenaga kerja.
SIRHA Budapest merupakan pameran internasional terbesar di Hungaria yang menampilkan produk sektor mamin dan horeka tiap dua tahun sekali. Pameran ini menjadi platform promosi di wilayah Eropa Tengah dan Timur sejak 2016.
SIRHA Budapest diikuti berbagai negara, antara lain Italia, Mesir, Prancis, Yunani, Austria, Polandia, Jerman, Lithuania, dan Rumania. SIRHA Budapest 2022 lalu dikunjungi sekitar 24.000 pengunjung kalangan profesional dari 44 negara dan diikuti 376 peserta pameran dari 17 negara.
Pada pameran kali ini, produk makanan dan minuman (mamin) dan horeka Indonesia berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar USD 10 juta atau senilai Rp150 miliar. Selama tiga hari penyelenggaraan pameran, Paviliun Indonesia dikunjungi sekitar 6.000 orang dari berbagai negara, antara lain Slovakia, Kroasia, Ceko, Serbia, Rumania.