Search

Kemendag pada Webinar “Seafood Trade Corridor”

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Indonesian Food Safety Institute (IFSI) menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) “Seafood Trade Corridor” pada Rabu (1 Juli). Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan menjadi pembicara kunci pada webinar ini.

Pada kesempatan ini, Dirjen Kasan menyampaikan bahwa Indonesia sangat antusias untuk meningkatkan ekspor makanan laut maupun produk lainnya ke Uni Eropa. Oleh karena itu, Indonesia terus menerus memperkuat strategi melalui sertifikasi, penjenamaan (branding), dan desain produk ekspor. Selain itu, negosiasi IEU-CEPA dan optimasi pelabuhan seperti di Belgia diharapkan dapat mendorong laju importasi dari Uni Eropa.

Webinar dipandu oleh Atase Perdagangan RI Brussel, Merry Astrid Indriasari dengan menghadirkan narasumber Chief Officer International Trade The Port of Zeebrugge, Pepijn De ureeze; Attache-Expert Import FASFC DG Control Policy International Affairs, Belgium, Jan Van Seghbroeck; Client Manager Regional Director Gent Centre Ministry of Finance, Belgium, Annie Vanherpe; dan Director of Zeebrugge Food Logistics and Flemish Fish Auction, Sylvie Becaus. Acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Indonesia, Uni Eropa, Malaysia, dan Australia.

Uni Eropa merupakan mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia dengan lima negara utama, yaitu Belanda, Jerman, Italia, Spanyol, Inggris dan Belgia. Pada tahun 2019, total ekspor mencapai USD 14,32 miliar.

.