Search

Kemendag pada Sekolah Diplomasi “Peran Diaspora Pelajar dalam Membangun Kemitraan Internasional”

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono menjadi narasumber dalam rangkaian acara Sekolah Diplomasi, yakni pada sesi bertema “Peran Diaspora Pelajar dalam Membangun Kemitraan Internasional” yang dilaksanakan secara daring pada Minggu (9 Jun). Sekolah Diplomasi dilaksanakan selama 2 hari pada 8–9 Juni 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) ini bertujuan untuk mengembangkan peran aktif dan kolaboratif antara akademisi dan diaspora Indonesia dalam meningkatkan daya saing produk ekspor dan memperluas pasar internasional.

Pada kesempatan ini, Direktur Arief menegaskan pentingnya peran akademisi dan diaspora bagi kemajuan perdagangan Indonesia, utamanya dalam menjalankan peran sebagai intelijen bisnis dan agen promosi produk Indonesia.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan Sekolah Diplomasi yaitu Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini; Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Ani Nigeriawati; dan Pamong Budaya Ahli Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Wawan Yogaswara. Peserta kegiatan merupakan mahasiswa dari 28 negara di tiga kawasan yang berbeda, yakni Asia-Oseania, Timur Tengah Afrika, dan Amerika Eropa serta delegasi umum dari perwakilan universitas di Indonesia.