Search

Kemendag pada Forum Bisnis Pameran International Business Solution Expo (IBSE)

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono menjadi narasumber pada forum bisnis yang digelar dalam rangkaian Pameran International Business Solution Expo (IBSE) di Yogyakarta Expo Center, Yogyakarta, Selasa (23 Apr).

Pameran IBSE digelar oleh Junior Chamber Internasional Indonesia selama 3 hari pada 22–24 April 2023. Kegiatan yang mengusung tema “Innovate, Collaborate and Heritage: Connecting Young Entrepreneurs on the Global Stage” ini bertujuan mendorong para wirausahawan muda Indonesia untuk memasarkan produk dan jasa ke pasar global.

Pada kesempatan ini, Arief memaparkan program Kementerian Perdagangan dalam upaya mendorong wirausahawan muda melakukan ekspor. Arief juga menyampaikan bahwa selain perlunya melakukan inovasi dan kolaborasi, wirausahawan muda juga harus adaptif terhadap dinamika perdagangan global. Teknologi juga sangat berperan untuk membantu memberikan informasi secara cepat dan tepat bagi para pelaku usaha, sehingga mampu mengurangi hambatan perdagangan internasional.

Turut hadir sebagai narasumber dalam acara ini yaitu Presiden International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia, Ilham Habibi; Advisor dari ICC Indonesia, Toto Sutopo; dan Economist pada International Trade Center Geneva, Anna Jankowska-Eriksson.