Search

Kemendag pada Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pengelolaan Cap Tanda Tera di Dili

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Metrologi, Sri Astuti menghadiri secara daring Pembukaan Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pengelolaan Cap Tanda Tera yang diselenggarakan di Gedung Pusat Budaya Indonesia, Dili, Timor Leste, pada Selasa (14 Mar).

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wujud komitmen Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan kapasitas SDM dan memperkuat institusi metrologi legal di Timor Leste.

Direktur Metrologi menyampaikan bahwa bimtek ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan keterampilan teknis bagi para pegawai yang bertugas di bidang metrologi legal. Para pegawai tersebut bertugas menangani kegiatan pengawasan dan tera/tera ulang alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapan kegiatan.

Bimtek yang digelar dalam rangka Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Direktur Metrologi juga mengungkapkan, peningkatan peran serta di tingkat internasional bidang metrologi legal merupakan salah satu langkah strategis Direktorat Metrologi. Langkah tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi Kemendag serta dapat mengembangkan bidang lain terkait sektor perdagangan oleh unit kerja di lingkungan Kemendag.

Sejak tahun 2017, Kemendag aktif berkontribusi dalam menerapkan KSST di Timor Leste. Hal tersebut diharapkan dapat membantu metrologi legal Timor Leste dalam mengembangkan sistem metrologi legal. Selain itu, penerapan KSST tersebut diharapkan dapat membuka peluang dan kesempatan lain yang dapat memberikan nilai tambah bagi Indonesia, khususnya Kementerian Perdagangan.