Search

Kemendag Menerima Penghargaan Maturitas SPIP Level 3

  Dengarkan Berita Ini


Kegiatan Exit Meeting Hasil Quality Assurance diikuti para Inspektur Wilayah, para Sekretaris Unit Eselon I dan para Auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Quality Assurance yang telah dilaksanakan oleh Tim QA BPKP pada bulan November s/d Desember 2018. Pada kesempatan ini dipaparkan hasil penilaian/Quality Assurance terhadap Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP dan Levelling APIP di lingkungan Kemendag.

Sebagai nara sumber pada kegiatan ini adalah Deputy Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP Nurdin dengan materi Strategi Peningkatan Kapabilitas APIP dan Muturitas SPIP, serta materi Strategi Peningkatan Maturitas SPIP.

Untuk pelaksanaan Quality Assurance atas Penilaian Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIUP) di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemendag dilaksanakan terhadap hasil penilaian pada tahun 2018 dengan hasil penilaian mandiri yaitu Level 3 yang sebelumnya berada di level 2. Penilaian tersebut dilakukan atas 6 (enam) elemen dari 24 (dua puluh empat) area proses kunci (key Process Area) dimana penilaian dilaksanakan dari 24 November s.d 14 Desember 2018 sesuai dnegan mekanisme yang berlaku dan telah menggambarkan kondisi yang sebenarnya dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IACM).(apn)

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP Nurdin kepada Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina pada acara Exit Meeting Hasil Quality Assurance Atas Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Levelling dan Penilaian Maturitas SPIP di Lingkungan Kementerian Perdagangan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Inspektorat Jenderal Kemendag hari ini di Ruang Anggrek Kantor Kemendag Jakarta. Senin (21/1)

Kementerian Perdagangan menerima penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pemberian penghargaan berdasarkan penjaminan kualitas oleh BPK mengacu Peraturan Kepala BPKP No. 4 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas.