Search

Kemendag Gelar Seri Webinar “Branding Andaliman Sebagai Rempah Khas Indonesia”

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menggelar seri webinar “Branding Andaliman sebagai Rempah Khas Indonesia”, Jumat (16 Juli). Webinar ini dibuka oleh Plt. Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Marolop Nainggolan.

Webinar yang diikuti lebih dari 160 peserta ini bertujuan membahas strategi branding komoditas rempah khas Sumatra Utara, andaliman, agar dikenal secara luas di pasar internasional.

Dalam sambutannya Marolop mengungkapkan, strategi branding produk andaliman merupakan upaya memperkenalkan budaya dan kekhasan rempah Indonesia ke mancanegara sekaligus mendorong peningkatan kehidupan para petani, khususnya di Sumatra Utara.

CEO ST. Morita dan Ketua Yayasan Pecinta Danau Toba, Maruap Siahaan mengatakan, komoditas andaliman ini sangat potensial dan dapat dipasarkan, baik sebagai bahan mentah maupun barang setengah jadi. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, andaliman juga bisa dikembangkan lebih jauh sebagai bahan baku industri fitofarmaka maupun kosmetik.

Hadir sebagai narasumber pada webinar ini yaitu CEO ST. Morita dan Ketua Yayasan Pecinta Danau Toba, Maruap Siahaan; Founder & Creative Director of Loundesign Agency & Desainer IDDC, Erlangga; serta dimoderatori oleh Koordinator Bidang Ekonomi Kreatif Direktorat Pengembangan Produk Ekspor, Hamidi Hasyim.

,