Search

Kemendag Gelar Gambir Trade Talk ke-12 “Outlook Perdagangan Luar Negeri Indonesia Tahun 2024“

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Dialog Kebijakan Gambir Trade Talk (GTT) ke-12 dengan tema “Outlook Perdagangan Luar Negeri Indonesia Tahun 2024“ secara hibrida di Hotel Aryaduta, Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (23 Nov). Acara dibuka oleh Plh. Kepala Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag), Didi Sumedi.

Dalam sambutannya, Didi menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan fokus pada ekspor barang dan jasa bernilai tambah tinggi untuk meningkatkan produktivitas perekonomian dan mendukung peningkatan kinerja ekspor di tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui kebijakan penguatan daya saing ekspor dalam mendukung produk halal, produk ramah lingkungan, dan produk berkelanjutan.

Dialog kebijakan Gambir Trade Talk adalah salah satu forum dialog kebijakan yang dilaksanakan secara rutin oleh BKPerdag untuk mendukung perumusan rekomendasi kebijakan di Kementerian Perdagangan.

Acara ini menghadirkan narasumber Mufti Hamka (Komite Perjanjian Perdagangan Internasional Asosiasi Pengusaha Indonesia, Mohammad Faisal (Direktur Eksekutif CORE Indonesia), Fithra Faisal Hastiadi (Co-Founder Next Policy), serta dimoderatori oleh Harlan Dimas Isjwara (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran). Turut hadir memberikan sambutan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih.

GTT #12 “Outlook Perdagangan Luar Negeri Indonesia Tahun 2024” dihadiri 250 peserta yang terdiri atas perwakilan kementerian/lembaga, pelaku usaha, dan akademisi. Siaran GTT#12 dapat disaksikan ulang di tautan https://www.youtube.com/watch?v=AQemGxXwp34.