Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) III di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (29 Nov).
Penyelenggaraan FKP merupakan bentuk komitmen UPTP III sebagai penyelenggara pelayanan publik untuk mengikutsertakan masyarakat demi membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang makin adil, transparan, dan akuntabel.
FKP UPTP III ini digelar dalam bentuk dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara pelayanan publik dengan publik dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman hingga solusi.
Pada sesi pertama FKP, turut hadir sebagai narasumber, yakni Deputi Pemberdayaan Partisipasi Publik KemenPAN-RB, Insan Fahmi; Asisten Ombudsman RI Ilham Setiawan Bahri; dan Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Yan Triono. Pada sesi ini dibahas mengenai materi pelayanan publik terkait inovasi, maladministrasi, dan standar layanan UPTP III.
FKP pada sesi kedua difokuskan pada kegiatan diskusi dan berbagi pengalaman yang menghadirkan para pembahas dari berbagai pemangku kepentingan, di antaranya perwakilan PT Qualis, Disperindag DKI Jakarta, Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia (APBI), YLKI, Universitas Indonesia, serta media massa Berita Satu.
Penyelenggaraan FKP ini diharapkan dapat mendorong UPTP di lingkungan Kementerian Perdagangan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, transparan, dan responsif.