Indonesia kembali berpartisipasi pada Thaifex Anuga Asia 2023 di Bangkok, Thailand, pada 23–27 Mei 2023. Paviliun Indonesia dibuka secara resmi oleh Duta Besar LBPP RI Bangkok, Rachmat Budiman didampingi Atase Perdagangan RI Bangkok, Flora Susan di Bangkok, Selasa (23 Mei).
Thaifex merupakan platform promosi produk makanan dan minuman terbesar di Asia. Tahun ini, Thaifex diikuti lebih dari 2.700 peserta dari 40 negara. Pameran ini diestimasikan mampu menarik jumlah kunjungan hingga 60.000 orang dari berbagai negara.
Penyelenggaraan Thaifex 2023 mengusung 11 tren pada industri makanan dan minuman, yakni protein daging alternatif, makanan halal, produk siap santap, label bersih, produk organik, produk atau kemasan berkelanjutan, waralaba, makanan atau protein nabati, superfood, fungsional dan bebas dari produk, dan label pribadi.
Paviliun Indonesia menampilkan 20 pelaku usaha yang menampilkan aneka produk makanan dan minuman, seperti biskuit, kopi, gula, cokelat, mi instan, pasta, produk laut dan olahan ikan dalam kaleng dan produk penganan lainnya, serta kemasan makanan dari plastik.
Thaifex tahun ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan secara fisik pascapandemi Covid-19, sehingga menjadi kesempatan yang baik bagi pelaku usaha, termasuk asal Indonesia untuk berkomunikasi langsung dengan buyer/calon buyer potensial. Selain itu, melalui partisipasi ini, pelaku usaha juga diharapkan dapat memperluas wawasan mengenai tren dan inovasi pada industri makanan minuman.
.