Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Mardyana Listyowati memimpin Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Kebijakan Pengembangan Ekspor yang digelar secara hibrida dari Jakarta, Rabu (11 Des).
Diskusi ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan praktik pemberian fasilitasi promosi di luar negeri dalam rangka pengembangan ekspor serta peningkatan citra Indonesia secara global.
Dirjen Mardyana menyampaikan, Kementerian Perdagangan bertugas untuk mengoordinasikan kebijakan pengembangan ekspor. Hal tersebut guna meningkatkan citra Indonesia di tingkat global, salah satunya melalui penyelenggaraan promosi dagang di luar negeri.
Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Muhammad Suaib Sulaiman menambahkan, melalui integrasi dan pengaturan tata cara promosi dagang di luar negeri dari para pemangku kepentingan, diharapkan dapat membawa nama Indonesia makin kuat di pasar global.
Para perwakilan kementerian/lembaga dan pemda memaparkan praktik fasilitasi promosi dagang di instansi masing-masing serta mendukung perlunya koordinasi program promosi dalam rangka menampilkan Indonesia secara lebih baik.
Diskusi ini turut dihadiri Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Merry Maryati; Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo; serta perwakilan kementerian, lembaga, serta dinas yang membidangi perdagangan dari seluruh Indonesia.