Search

Diseminasi Kajian Penguatan Pasar Dalam Negeri dan Perluasan Akses Pasar Ekspor Indonesia

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan menggelar Diseminasi Hasil Kajian Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) dengan tema "Penguatan Pasar Dalam Negeri dan Perluasan Akses Pasar Ekspor Indonesia" yang berlangsung di Hotel El Royale Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (12 Mar). Seminar dibuka oleh Kepala BPPP, Kasan.

Kepala BPPP menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar hasil pengkajian dapat diketahui dan dimanfaatkan seluruh pihak, sehingga dapat bersinergi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hasil kajian ini akan mendukung kebijakan melalui penerapan langkah strategis di bidang perdagangan dalam negeri dan luar negeri.

Kegiatan ini merupakan kegiatan diseminasi kedua yang dilaksanakan BPPP Kementerian Perdagangan di tahun 2020. Sebelumnya, pada 11 Februari 2020, BPPP juga menyampaikan 23 hasil analisis tahun 2019 di Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan diskusi materi yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri, Dharmayugo Hermansyah. Diseminasi kajian ini dihadiri 100 peserta yang merupakan pelaku UKM, eksportir, serta perwakilan dari dinas terkait.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Pondok Pesantren Mambadi'ul Ihsan untuk melihat implementasi Umat Mart (Ummart). Pondok pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1964. Dalam kunjungannya, Kepala BPPP didampingi Agus Rachmatullah mewakili pengasuh pondok pesantren Kyai Haji Masykur Wardi.

Selain pendidikan formal dan keagamaan, para santri juga dibekali dengan pendidikan di bidang kewirausahaan dengan beragam fasilitas penunjang pelatihan bisnis, mulai dari laundri, pengolahan roti, minuman olahan pertanian, hingga unit ritel, termasuk juga Ummart.