Diseminasi dibagi menjadi tiga sub tema yaitu pertama Penguatan Daya Saing, kedua Peningkatan Daya Saing Ekspor dan Pengendalian Impor, dan ketiga Perluasan Akses Pasar Ekspor. Sebagai pembicara utama pada diseminasi hari ini adalah Wakil Kepala Bidang Penelitian Lembaga Penyidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM FEB-UI, Kiki Verico.(apn)
Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) menyelenggarakan Diseminasi Hasil Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan dengan tema Penguatan Daya Saing Ekspor dan Neraca Perdagangan Indonesia, yang berlangsung di Auditorium Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Kamis (14/2). Diseminasi dibuka secara resmi oleh Kepala BPPP Kasan, dihadiri para pejabat Eselon II di lingkungan BPPP, perwakilan unit Eselon II dan perwakilan dari Instansi terkait.
Dalam sambutan pembukaannya, Kepala BPPP antara lain mengatakan bahwa penetrasi ekspor ke pasar non tradisional membutuhkan strategi yang tepat, baik dari sisi produk maupun pemilihan negara. Dikatakan bahwa pada tahun 2018 BPPP telah melakukan beberapa analisis terkait perluasan akses pasar ekspor Indonesia termasuk juga strategi peningkatan daya saing ekspor serta pengendalian impor.
Lebih lanjut dikatakan bahwa selaras dengan penguatan daya saing di luar negeri, Kemendag juga telah melakukan berbagai langkah penguatan pasar dalam negeri melalui berbagai kebijakan dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok seperti kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET), Harga Acuan Pembelian, dan Harga Acuan Penjualan.