Search

Dirjen PKTN pada Acara Radio Talk di Radio Elshinta 90 FM Jakarta

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Moga Simatupang menjadi narasumber dalam acara Radio Talk di Radio Elshinta 90 FM, Jakarta, Kamis (18 Apr). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2024.

Dalam bincang radio ini, Dirjen PKTN menjelaskan mengenai peringatan Harkonas 2024 dengan tema “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”.

Moga menyampaikan bahwa konsumen berperan penting bagi perekonomian Indonesia. Ke depan, konsumen diharapkan makin kritis dan berani memperjuangkan haknya, terutama apabila merasa dirugikan saat bertransaksi. Hal tersebut disebabkan pada saat ini, pengaduan terhadap transaksi berbasis digital makin meningkat.

Transaksi perdagangan berbasis digital pada masa sekarang didasarkan pada kepercayaan (trust) antara konsumen dan pelaku usaha. Oleh karena itu, demi menjaga keberlangsungan transaksi yang adil, diperlukan konsumen yang jeli, teliti, hati-hati, dan berani bicara. Selain itu juga pelaku usaha yang bertanggung jawab yang mau memberikan informasi jujur kepada konsumen.

Pemerintah juga telah menerbitkan beragam regulasi dengan tujuan menumbuhkan kembali perekonomian nasional. Untuk itu, dalam mewujudkannya, diperlukan peran aktif pelaku usaha yang bertanggung jawab serta konsumen cerdas dan berdaya yang memahami hak dan kewajibannya. Rangkaian kegiatan masih berlangsung hingga puncak acara yang dilaksanakan pada 24 April 2024, yaitu Gelar Wicara “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi” secara hibrida di Kantor Kementerian Perdagangan. Acara ini akan disiarkan secara streaming melalui Zoom Meeting dan YouTube Kementerian Perdagangan.