Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga membuka acara National Business Matching “Celebes Legendary Spices” yang berlangsung di Ayana Hotel Jakarta, Kamis (2 Juni).
Wamendag Jerry menyampaikan, rempah-rempah Indonesia digunakan untuk berbagai jenis kuliner tradisional dan harus diakui oleh dunia. Hal ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk mempromosikan produk rempah-rempahnya melalui berbagai acara. Kemendag mendukung penuh program “Spice Up the World” yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor rempah-rempah melalui promosi Gastronomi Indonesia.
Wamendag berharap, program National Support for Local Investment Climate/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan kepada lebih dari 5.000 unit usaha dan 71.000 pelaku usaha. Sebanyak 40 persen dari angka tersebut terdiri dari berbagai kelompok masyarakat, koperasi, usaha sosial, dan UKM di 28 kabupaten di Indonesia.
Wamendag juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kanada yang telah bekerja sama melalui NSLIC/NSELRED dan mendukung program ini sejak tahun 2016. Program ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui akses pasar komoditas rempah Indonesia, tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga pasar internasional.
Turut hadir pada acara ini Charge d’affaires, a.i. of The Embasy of Canada, Mark Strasser; Presiden Direktur PT Sarinah, Fetty Kwartati; dan Project Director NSLIC/NSELRED, Peter Walton.
.