Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan memberikan sambutan secara virtual pada acara Lokakarya dan Penjajakan Kesepakatan Bisnis dengan tema “SMES’S ID Treasure Hunt” yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Jumat (10 Des).
Dalam sambutannya, Marolop mengatakan bahwa promosi ekspor melalui platform digital perlu dioptimalkan untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM Indonesia di pasar global, khususnya di tengah pandemi Covid-19.
Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Indonesia Direct, Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dan Universitas Sebelas Maret yang berlangsung pada 10–11 Desember 2021 secara luring.
Program ini bertujuan untuk mendorong pelaku usaha, khususnya UKM, dalam memanfaatkan lokapasar digital untuk menembus pasar ekspor. Selain itu, acara ini digelar untuk memberikan wawasan keterampilan pemasaran digital dalam mengembangkan bisnis.
Hadir sebagai narasumber yaitu Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag, Hari Widodo; Fasilitator Perdagangan Kemendag, Resti Diah Utami; Pendiri dan CEO Indonesia Direct, Biyp Mukhsen Assegaf; perwakilan Economic Research, Myrdal Gunarto; GM Regional Team Leader Maybank Indonesia, Ivonne Van Garling; perwakilan UNS, Sarjiyanto; perwakilan BNI, Asri Manggarsih; serta Ketua Umum APDEI, Hadi Lee.
.