Search

Kemendag Berpartisipasi pada Pameran ISM Middle East 2025

  Dengarkan Berita Ini


Kementerian Perdagangan berpartisipasi pada Pameran Internationale Süßwarenmesse (ISM) Middle East 2025 yang digelar pada 15–17 September 2025 di Dubai World Trade Center, Persatuan Emirat Arab (PEA). Paviliun Indonesia secara simbolis diresmikan oleh Konsul Jenderal RI Dubai, Denny Lesmana didampingi oleh Kepala ITPC Dubai, Widy Haryono pada Senin (15 Sep).

Paviliun Indonesia menghadirkan perusahaan makanan ringan dan konfeksioneri Indonesia, yaitu PT United Family Food yang menampilkan permen berbagai merek, seperti Milkita, Jagoan Neon, Super Zuper, dan Cola Candy; PT Garudafood Putra Putri Jaya Indonesia menampilkan biskuit, wafer, dan kacang-kacangan dengan merek Gery dan Kacang Garuda; PT Internusafood memperkenalkan kelezatan manis dari marshmallow Cucu dan permen Parago; serta PT Dolphin Food and Beverages Industry hadir dengan ragam pilihan permen, produk cokelat, serta makanan ringan melalui merek Cho Cho, Bella, Mr. P, dan Bima.

Paviliun Indonesia juga memfasilitasi kehadiran UMKM Indonesia merupakan binaan dan penerima manfaat dari program UMKM Bisa Ekspor yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan, yaitu CV Arva Indonesia yang memperkenalkan camilan keripik tempe sehat dengan inovasi teknologi dan varian rasa; serta CV Cahaya Sinar Utama menghadirkan inovasi camilan sehat berbasis granola yang tengah digemari konsumen modern.

Tercatat lebih dari 1000 pengunjung mengunjungi Paviliun Indonesia yang berasal dari berbagai negara-negara, seperti PEA Jordan, Bahrain, Arab Saudi, Kuwait, Mesir, Oman, India, Pakistan, Srilanka, Aljazair, Tanzania, Afrika Selatan, Mozambique, Sudan, Singapura, Jepang, Kamboja, China, Korea Selatan, Belanda, Norwegia, dan Australia. Selama 3 hari penyelenggaraan pameran, Pavilion Indonesia berhasil membukukan potensi transaksi mencapai USD 2.125.972 atau setara dengan Rp35,4 miliar.

Pada pameran ini, beberapa peserta berhasil mendapatkan partner dari PEA, Afrika Selatan, dan Palestina yang akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerja sama pada gelaran Trade Expo Indonesia (TEI). Kehadiran Pavilion Indonesia pada pameran ini juga dimanfaatkan oleh ITPC Dubai untuk mempromosikan kepada para buyer potensial untuk hadir dan berpartisipasi pada TEI ke-40 yang akan digelar Oktober mendatang.

.