Search

IA-CEPA, Ajang Promosi Produk Mamin Indonesia Tembus Pasar Australia

  Dengarkan Berita Ini

Moneter.id - Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan mengatakan bahwa perjanjian Indonesia–Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang akan diimplementasikan akhir 2019 hendaknya di manfaatkan pelaku usaha makanan dan minuman (mamin) di Indonesia. “Sebagai unit yang memiliki tugas dan fungsi untuk pengembangan dan promosi ekspor Indonesia, Ditjen PEN berupaya memanfaatkan perjanjian dagang IA–CEPA dengan mendorong UKM Indonesia menjajaki pasar Australia untuk produk mamin. Kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan pemahaman UKM mengenai berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam menembus pasar Australia tersebut,” ujar Marolop saat membuka kegiatan “Aktivasi Kerja Sama Pengembangan Ekspor” di Depok, Jawa Barat, pada Selasa (17/9).

Kata Marolop, pelaku usaha dapat memanfaatkan hasil perjanjian IA-CEPA untuk sektor mamin seperti pengenaan bea masuk 0 persen Indonesia ke Australia dan pendirian Indonesia Food Innovation Centre. Selain itu, lanjutnya, pelaku usaha mamin Indonesia akan lebih mudah dalam mendapatkan bahan baku industri makanan olahan dari Australia seperti gandum, jelai, sorgum yang lebih murah sesuai standar Food & Drug standard Australia. Sehingga produk makanan Indonesia dapat setara dengan standar Australia. “Pelaku UKM dapat memanfaatkan kerja sama ekonomi dalam pengembangan melalui Food Innovation Centre yang sudah diinisasi perjanjian IA-CEPA. Food Innovation Centre ini akan memberikan masukan di sektor makanan yang akan berguna bagi industri makanan olahan Indonesia,” tandas Marolop.

IA-CEPA merupakan kerja sama kemitraan komprehensif yang tidak hanya berisi perjanjian perdagangan barang, jasa, dan investasi; tetapi juga kerja sama ekonomi yang lebih luas. Perjanjian ini ditandatangani pada 4 Maret 2019 dan tengah memasuki proses ratifikasi. Kemitraan baru Indonesia-Australia diarahkan untuk membentuk “Economic Powerhouse” di kawasan dengan kolaborasi kekuatan ekonomi kedua negara. “Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam perjanjian ini telah disusun skema “Economic Cooperation” untuk mendorong peningkatan kapasitas UKM dan daya saing melalui kegiatan promosi dan inovasi, salah satunya sektor mamin,” pungkas Marolop.


https://moneter.id/59769/ia-cepa-ajang-promosi-produk-mamin-indonesia-tembus-pasar-australia
20 September 2019

** Tulisan ini berasal dari tautan berikut ini.

  • Share