Search

Media Briefing Pasar Rakyat

  Dengarkan Berita Ini


Selanjutnya, Dirjen PDN juga menyampaikan bahwa konsep pembangunan/revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekedar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasi dengan sektor-sektor lain. Pembenahan secara fisik tentunya dapat meningkatkan citra dan kesan buruk terhadap pasar rakyat yang semula kumuh, becek, dan kotor menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi, tetapi juga harus didukung dengan revitalisasi yang meliputi revitalisasi manajemen, ekonomi, dan sosial.

Pada kesempatan ini, Dirjen PDN didampingi oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemendag, Fajarini Puntodewi.

Dirjen PDN menyampaikan, Kemendag berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat. Program ini merupakan salah satu dari tiga mandat Presiden Joko Widodo kepada Kemendag. Adapun target revitalisasi selama periode 2015--2019 yaitu sebanyak 5.000 pasar rakyat. Pasar rakyat merupakan sektor penggerak ekonomi kerakyatan. Dengan revitalisasi, eksistensi pasar rakyat akan tetap kuat dan daya saingnya terhadap toko-toko modern dapat meningkat sehingga dapat memajukan ekonomi kerakyatan.

Kementerian Perdagangan menggelar acara media briefing mengenai Pasar Rakyat di Ruang Media (Press Room) Kemendag, Jakarta, Rabu (20/2). Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti menjadi narasumber pada acara ini.