Menteri Perdagangan Targetkan Harga Daging Sapi Rp75.000/kg

 

VIVAnews - Pemerintah akan terus melakukan harga dan menambah pasokan bahan kebutuhan pokok untuk mencegah kenaikan harga menjelang Lebaran. Untuk itu, dalam kunjungannya pagi ini ke Pasar Klender Jakarta Timur, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mencermati perkembangan harga komoditi terutama daging sapi yang ternyata masih bertahan pada kisaran harga yang cukup tinggi.

"Nah sekarang baru Rp90-95 ribu saja. Ini harga sangat tidak terjangkau oleh rakyat, jadi kita harus berusaha menurunkan harga. Apalagi sebelum bulan ramadhan. Ini harga harus sangat terjangkau," kata Gita di Pasar Klender Jakarta Timur, Minggu 12 Mei 2013.

Untuk mengatasi disparitas harga di pasar, Gita menegaskan pihaknya akan menjaga agar harga daging sapi tetap stabil dan bahkan turun, serta menjamin ketersediaan pasokan di pasar. Maka, Menteri Perdagangan berencana mengadakan pertemuan dengan kementerian terkait untuk membahas hal tersebut.

" Dalam waktu dekat, kami duduk dengan kementerian terkait, mengakselerasi untuk pasokan tipe-tipe yang tidak diproduksi di Indonesia. Ini sudah dilakukan pembicarakan, pasokan akan ditingkatkan, sehingga pasokan banyak," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Gita, saat ini pedagang daging sapi sudah berupaya untuk menambah pasokan, salah satunya dengan mencari pasokan di Jawa dan luar Jawa. Sayangnya, persediaan di daerah tersebut juga sangat terbatas.

"Pedagang mencari pasok dari jawa dan luar jawa tapi terbatas juga. Mereka yang biasa jual 15 sapi per ekor per hari, jadi 2 ekor per hari, kasihan mereka," katanya. Terus Naik. Untuk target bulan Ramadan nanti, Gita menegaskan bahwa pihaknya akan sebisa menekan disparitas harga di pasar. Ia pun berharap rata-rata harga daging sapi menjadi Rp75 ribu per kilogram.

"Harga rata-rata daging Rp75 ribu sama dengan tahun lalu. Tidak boleh lebih. Apalagi pemerintah memikirkan untuk menaikkan harga BBM, maka harga daging sapi harus kita kontrol sampai ke bawah," katanya.

Namun, di tempat yang sama, seorang pedagang daging sapi bernama Abdul Hadi (40) mengungkapkan harga Rp90 ribu per kilogram sudah terjadi sejak 8 bulan lalu. Ia pun memprediksi, menjelang bulan puasa, harga daging sapi bisa menjadi Rp100 ribu per kilo. "Ini soal permintaan, harga daging naik terus," kata Hadi.

Ia pun berharap pemerintah mampu menekan harga daging sapi, kembali ke harga Rp75 ribu per kilogram. "Harapannya harga seperti semula, 70-75 ribu rupiah sudah bisa lempar ke konsumen," katanya.

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/412126-menteri-perdagangan-targetkan-harga-daging-sapi-rp75-000-kg
Arfi Bambani Amri, Nina Rahayu/(ren)