65 Persen GNP Indonesia Dari Sektor Konsumsi

 

Jurnas.com | Kontribusi konsumsi rumah tangga di Indonesia sangat besar. "65 persen GNP (produk nasional bruto) Indonesia berasal dari sektor konsumsi. Lebih besar dari ekspor atau investasi," kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurti, dalam acara peluncuran buku daftar perusahaan wajib tera ulang di Bandung, Rabu (13/2).

Menurutnya, peluncuran buku daftar perusahaan wajib tera memberikan manfaat bagi kepala Dinas bidang perdagangan dan konsumen. "Dengan buku itu, kepala dinas bisa mengenal UTTP (Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya) dan bisa melakukan pembinaan kepada perusahaan serta yang lebih penting perlindungan konsumen melalui jaminan kebenaran ukuran." katanya.

Bayu mengatakan konsumen adalah raja maka perlindungan konsumen juga harus diperhatikan. Menurutnya, konsumen juga harus cerdas dalam membeli produkproduk perdagangan. Untuk itu, Wamendag berharap pemerintah pusat dan daerah bisa bekerjasama dalam melaksanakan program prioritas ini. Prioritas lain Kemendag pada tahun 2013 ini yaitu daerah tertib ukur dan pasar tertib ukur.

http://www.jurnas.com/news/82837/65_Persen_GNP_Indonesia_dari_Sektor_Konsumsi_/1/Ekonomi/Ekonomi
Mf Ridwan &n